pembelajaran berbasis komputer
Tugas makalah tentang
Pembelajaran Berbasis Komputer
Tugas ini di tulis sebagai salah satu syarat
untuk memenuhi tugas mata kuliah :
Pembelajaran berbasis teknologi
Dosen pengampu :
Moh.Hafidz,M.Pd,I
Oleh :
Nor kholifah
Semester : IV - PAI (madin)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS IBRAHIMY
SITUBONDO JAWA TIMUR
Tahun 2019-2020
BAB I
PENDAHULUAN
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Di era globalisasi, perkembangan ilmu dan teknologi sangat pesat. Oleh karena dalam dunia pendidikan pun tidak terlepas dari perkembangan internet. Dalam dunia pendidikan sering kali muncul masalah yang berhubungan dengan proses pembelajaran yaitu lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, seorang guru memiliki peranan penting demi tercapainya kegiatan pembelajaran di sekolah. Guru menjadi ujung tombak terciptanya proses pembelajaran. Meskipun guru mempunyai kecerdasan tanpa didukung dengan media pembelajaran yang baik maka proses pembelajaran itu akan menjenuhkan dan kurang menarik minat siswa.
Untuk itu dalam pembelajaran perlu adanya media pembelajaran yaitu internet. Dengan adanya media tersebut setiap siswa mampu memanfaatkan internet sesuai dengan kebutuhan pendidikan. Di samping itu pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sangat mempermudah siswa dalam dalam mengakses sebuah informasi pengetahuan, mengirim tugas-tugas sekolah lewat email, dan sebagainnya. Selain siswa, guru juga dapat mempermudah dalam menyampaikan pembelajaran. Pemanfaatan media internet sangat penting bagi terlaksananya pembelajaran yang baik.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi, sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi strategi pembelajaran. Melalui kemajuan tersebut para guru dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media komunikasi bukan saja dapat mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran yang lebih menarik.
Media yang paling popular dewasa ini adalah penggunaan komputer atas talian (internet). Beberapa faktor menyumbang kepopularan ini termasuk ketersediaannya secara cuma-cuma untuk semua lapisan pengguna dan juga adanya ciri-ciri internet yang boleh dimanfaatkan untuk pengajaran dan pembelajaran.
Pemanfaatan internet dalam pembelajaran merupakan hal yang penting. Setiap komponen yang berada dalam lingkup pendidikan dapat memanfaatkan berbagai aplikasi internet dengan mudah dan memudahkan mendapatkan berbagai informasi pengetahuan. Sesuai dengan perkembangan teknologi, penggunaan internet memiliki dampak yang positif dan negatif. Dampak posistif yaitu bagi siswa dapat memperoleh berbagai pengetahuan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, dan bagi guru dapat mempermudah menyediakan media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan terciptanya pembelajaran yang menarik. Di samping itu juga ada dampak penggunaan internet yaitu banyaknya terjadi kejahatan.
- Rumusan Masalah
- Bagaimana Sejarah komputer dan internet?
- Apa Pengertian multimedia berbasis komputer dan internet?
- Apa Peran Komputer Sebagai Media Pembelajaran ?
- Apa Tujuan Penggunaan Komputer Dalam Pembelajaran ?
- Apa Manfaat Internet Sebagai Media Pembelajaran ?
- Bagaimana Kelebihan, Kekurangan Internet dan Komputer Sebagai Media Pembelajaran ?
- Tujuan Penulisan Makalah
- Untuk mengetahui sejarah komputer dan internet
- Untuk mengetahui pengertian multimedia berbasis komputer dan internet
- Untuk mengetahui Peran Komputer Sebagai Media Pembelajaran
- Untuk mengetahui Penggunaan Komputer Dalam Pembelajaran
- Untuk mengetahui Manfaat Internet Sebagai Media Pembelajaran
- Untuk mengetahui Kelebihan, Kekurangan Internet dan Komputer Sebagai Media Pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
- Sejarah Komputer dan Internet
- Sejarah Komputer
Sejarah Komputer mekanik diawali oleh penemuan Blaise Pascal (1623-1662.), Pada tahun 1642, yang pada waktu itu Blaise Pascal baru saja memasuki remaja diusia 18 tahun, yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheelcalculator) untuk membantu ayahnya dalam melakukan penghitungan pajak. Kotak kuningan ini yang disebut Pascaline, mempergunakan roda putar bergerigi sebanyak delapan buah, digunakan untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahannya jika perhitungan sudah melebihi 10 digit angka. Dalam Tokoh-Tokoh Sejarah Perkembangan Komputer menyebut Blaise Pascal adalah orang yang berjasa karena menemukan ide pertama untuk komputer digital.
Pada Tahun 1694, seorang saintis matematika dan filosof Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) menyempurnakan Pascaline dengan membuat mesin yang mampu melakukan operasi perkalian. Sama seperti pendahulunya, alat ini tetap bekerja menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari maha karya Pascal, Leibniz mampu menyempurnakan alatnya.
Dalam Catatan Sejarah Komputer juga menyebut nama Charles Xavier Thomas de Colmar di tahun 1820, menciptakan mesin yang memiliki kemampuan melakukan pengoperasian empat fungsi aritmatik dasar.
Di tahun 1812, Charles Babbage (1791-1871) seorang profesor matematika berkewarga negaraan Inggris, telah mengakeslarasi kemajuan Komputer dari abad ke 16 seakan-akan jalan di tempat. Ia memajukan piranti ini di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika. Menurut catatan Sejarah Komputer, Babbage menemukan ide mengenai analytical engine pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan difference engine-nya. Penemuan Babbage dan Pemikiran-pemikirannya yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik Komputer elektronik modern. Penemuan Babbage ini merupan tonggak sejarah komputer modern. Perkembangan computer dari generasi ke generasi hingga saat ini memiliki fungsi masing-masing antar komponen sehingga tercipta komputer yang dapat melakukan semua fungsi. Kemudahan dan kecanggihan yang dihasilkan dari computer masa kini adalah tujuan utama para produsen computer ternama saat ini guna untuk memudahkan kinerja manusia. Dan tercipta pula computer mini yang dapat dibawa kemana-mana oleh penggunanya yang biasa disebut dengan nama Laptop. Laptop adalah computer terbaik dan tercanggih yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun, selagi tidak Low Battery
- Sejarah Internet
Internet, singkatan dari interconection dan networking, adalah jaringan informasi global, yaitu “the largest global network of computer, that enables people throughoutthe world to connect with each other”. Internet diluncrkan pertama kali oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) Pada bulan Agustus 1962.[1]
ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tesebar untuk menghindarkan terjuadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jadi bila satru bagian dari sambungan Network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu internet digunakan oleh kalangan akademis ( UCLA) untuk keperluan penelitian dan perkembangan teknologi. Dan baru setelah itu pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial pada tahun 1990.
Sampai saat ini Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesat sangat membawa dampak baik bagi perkembangan internet di berbagai dunia. Perkembangan internet juga mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Internet banyak digunakan dalam berbagai kegiatan dalam pendidikan dan pembelajaran.[2]
- Pengertian Multimedia Berbasis Komputer dan Internet
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara.Jadi, multimedia adalah berbagai macam kombinasi grafik, teks, suara, video dan animasi.Penggabungan ini merupakan suatu kesatuan yang secara bersama-sama menampilkan informasi, pesan atau isi pelajaran.Konsep penggabungan ini dengan sendirinya memerlukan beberapa jenis peralatan perangkat keras yang masing-masing tetap menjalankan fungsi utamanya sebagaimana biasanya, dan komputer merupakn pengendali seluruh peralatan itu. Jenis peralatan itu adalah komputer, video kamera, video kamera, video cassette rocorder (VCR), over head projector, multivision (sejenisnya), CD player, Compact Disk. CD player yang sebelumnya merupakan peralatan tambahan (external peripheral).Semua peralatan haruslah kompak dan bekerjasama dalam menyampaikan informasi kepada pemakainya.
Informasi yang disajikan melalui multimedia ini berbentuk dokumen yang hidup, dapat dilihat di layar monitor atau ketika diproyeksikan ke layar lebar melalui overhead projector, dan dapat di dengar suaranya, dilihat gerakannya (video atau animasi).Multimedia bertujuan untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti dan jelas. Informasi akan mudah dimengerti karena banyaknya indra terutama telinga dan mata, digunakan untuk menyerap informasi itu.Multimedia berbasis komputer adalah salah satu bentuk yang sering digunakan dalam dunia pendidikan. Komputer sangat menjanjikan untuk penggunaannya dalam bidang pendidikan. Meskipun saat ini penggunaan media ini masih dianggap mahal, dalam beberapa tahun mendatang biaya itu akan semakin rendah dan dapat terjangkau sehingga dapat digunakan secara meluas diberbagai jenjang sekolah.[3]
Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Yang jadi masalah adalah bagaimana agar proses komunikasi itu berjalan dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara utuh. Dari hal tersebut maka internet dijadikan sebagai media pembelajaran. Perkembangan teknologi dengan media internet dalam pembelajaran berkembang cepat. Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sangat penting karena ada beberapa aplikasi internet yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran.
Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sangat baik untuk digunakan untuk membantu guru untuk mempermudah penyampaian pembelajaran kepada siswa. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran, guru sering dihadapkan berbagai hal yang mengharuskan kita tidak bisa bertatap muka langsung dengan siswa. Di samping itu adanya internet sebagai media pembelajaran dapat membantu membangun proses pembelajaran yang lebih menarik.
Media pembelajaran melalui internet merupakan imbas dari teknologi yang berkembang saat ini. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran juga mau tidak mau harus mampu menggalakkan pembelajaran yang berbasis IT. Pembelajaran yang akan dilakukan akan lebih menarik dan tidak menjenuhkan. Semua hal yang berhubungan dengan bahan pelajaran, sumber pelajaran akan terangkum dalam sebuah aplikasi dalam internet. Di samping itu internet juga mampu menjangkau pembelajaran jarak jauh. Dengan teknologi internet yang meluas di seluruh dunia, setiap guru/ siswa mampu berdiskusi dan berinteraksi dengan baik dengan guru/ siswa di belahan negara lain. Penggunaan internet sebagai media pembelajaran saat ini juga sangat dianjurkan demi tercapainya pembelajaran yang internet dan memberikan berbagai wawasan tentang berbagai kemudahan aplikasi dalam internet yang berkaitan dengan pembelajaran. Berikut beberapa aplikasi diantaranya:[4]
- Laman Web (World Wide Web)
- Internet Relay Chat
- Telnet
- Kumpulan berita dan diskusi
- Telekonferens
- Instant messaging
- Newsgroups
- Peran Komputer Sebagai Media Pembelajaran
Menurut pendapat Robert Taylor , peranan komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu tutor, tutee dan tool.
- Tutor Sebagai tutor, komputer berperan sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Dalam hal ini program menuntut komputer untuk berbuat sebagai seorang tutor yang memimpin siswa melalui urutan materi yang mereka harapkan menjadi pokok pengertian.
- Tutee Bentuk kedua pengajaran dengan komputer ialah untuk simulasi pada suatu keadaan khusus, atau sistem di mana siswa dapat berinteraksi. Siswa dapat menyebut informasi, sehingga dapat sampai pada jawabannya, karena mereka berpikir sehat, mencobakan interpretasinya dari prinsip-prinsip yang telah ditentukan. Komputer akan menceritakan pada siswa apakah dampak dari keputusannya, terutama tentang reaksi dari kritikan atau pendapatnya.
- Tool Sebagai tool, komputer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer juga digunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Komputer digunakan sebagai suatu penelitian sejumlah data yang luas atau memanipulasi data dengan kecepatan yang tinggi. Siswa dapat meminta kepada komputer untuk meneliti figur-figur tertentu, atau menghasilkan grafik dan gambar yang sulit/kompleks.
- Tujuan Penggunaan Komputer Dalam Pembelajaran
Ada beberapa tujuan khusus penggunaan komputer dalam pembelajaran, antara lain :
- Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Program yang berbentuk drill and practice umumnya digunakan apabila peserta didik diasumsikan telah mempelajari konsep, prinsip dan prosedur sebagai materi pembelajaran.Tujuan dari bentuk program ini adalah melatih kecakapan dan keterampilan.Biasanya menyajikan sejumlah soal atau kasus yang memerlukan respon peserta didik dengan disertai umpan balik, baik yang bersifat positif maupun negatif.Selain memberikan umpan balik, program ini umumnya juga menyajikan pengukuhan terhadap jawaban yang tepat.
- Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.
Permainan (games) selalu menarik untuk diikuti, demikian pula halnya dengan program komputer yang mengemas dalam bentuk permainan. Program yang berisi permainan dapat memberikan motivasi bagi siswa untuk mempelajari informasi yang ada didalamnya.Hal ini sangat berkaitan erat dengan esensi bentuk permainan yang selalu menampilkan masalah menantangyang perlu dicari solusinya oleh pemakai.
Program simulasi berupaya melibatkan siswa dalam persoalan yang mirip dengan situasi yang sebenarnya namun tanpa resiko yang nyata.Melalui program simulasi peserta didik diajak untuk membuat keputusan yang tepat dari beberapa alternatif solusi yang ada. Setiap keputusan yang diambil akan memberikan dampak tertentu.[5]
- Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan klip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer .
- Manfaat Internet Sebagai Media Pembelajaran
Adanya Internet membuka sumbatan terhadap sumber informasi yang tadinya sulit diakses sehingga bukan menjadi malasah lagi. Sejalan dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet. Bagi dunia pendidikan internet memberikan banyak manfaat untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar dan memiliki banyak manfaat bagi para siswa.
- Akses ke sumber informasi. Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang tidak murah. Buku-buku dan journal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah. Sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia (termasuk di dunia Barat) yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi. Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Bidang apa pun yang anda minati, pasti ada informasi di Internet. Contoh-contoh sumber informasi yang tersedia secara online antara lain: · Library · Online Journal · Online courses. Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain. Adanya Internet merupakan salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini.
- Akses ke pakar Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Seorang siswa di suatu tempat dapat berkonsultasi dengan dosen di tempat lain bahkan sampai luar negeri.
- Media kerjasama. Kolaborasi atau kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan lebih mudah, efisien, dan lebih murah.
- Sebagai perpustakaan elektronik. Dengan kemajuan teknologi, perpustakaan sekolah bisa melengkapinya dengan sarana elektronik, yakni internet. Pengguna atau pengunjung perpustakaan bisa membuka internet untuk mencari berbagai informasi, data, dan ilmu pengetahuan, serta teknologi yang dibutuhkannya. Adanya perpustakaan elektronik ini, diharapkan menjadi motivasi atau dorongan bagi siswa, untuk sering berkunjung ke perpustakaan. Karena di perpustakaan tersebut tersedia berbagai ilmu pengetahuan dan informasi serta teknologi.
Bagi siswa sendiri internet juga memberikan banyak manfaat antara lain sebagai berikut:
- Internet membantu siswa untuk mencari materi atau referensi untuk membantu proses belajarnya.
- Digunakan sebagai alat komunikasi. Siswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan program atau situs-situs jejaring sosial tertentu. Siswa dapat membagi data dan mengirim surat elektronik melalui email.
- Siswa dapat mencari materi untuk pembelajaran di sekolah sebagai referensi, dan mencari informasi yang dapat mendukung kegiatan belajar mereka.
- Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dengan siswa.
- Mendorong siswa lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi.
Internet tidak hanya memberikan manfaat bagi para pelajar, melainkan juga kepada para guru. Manfaat internet bagi para guru, diantaranya :
- Menjadi sumber untuk menambah bahan pelajaran.
- Bertukar informasi dengan guru-guru yang lain di berbagai belahan dunia yang lebih berpengalaman.
- Menambah wawasan pelajaran sesuai dengan perkembangan zaman.
- Mengikuti teknologi dan segala perkembangan zaman yang terjadi.
- Menjadi tempat pembelajaran agar bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan murid-muridnya.
- Kelebihan, Kekurangan Internet dan Komputer Sebagai Media Pembelajaran
Kelebihan internet dewasa ini kehidupan kita semakin intim dengan internet. dan kini internet dijadikan juga sebagai salah satu media pendukung kegiatan belajar. internet memang memiliki kelebihan dalam mendukung proses belajar, namun juga memiliki kekurangan. berikut ini adalah kekurangan-kekurangan internet:
- Informasi yang tersedia di internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya kita butuhkan.
- internet bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat kita menggoda untuk mengkliknya yang justeru membuat pencarian informasi kita terbengkalai dan lepas kendali.
- salah satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file yang kita unduh.
- internet memiliki ketergantungan pada jaringan telepon dan ISP yang berdampak pada kecepatan akses dan biaya pemakaian.
Kekurangan Internet Setelah sebelumnya membahas sisi kekurangan internet sebagai media pembelajaran, maka saya akan menjelaskan juga sisi kelebihan internet sebagai media pembelajaran, yaitu:
- Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
- Akses infromasi di internet tidak dibatasi oleh waktu karena dunia maya yang dihadirkan secara global tidak perneh tidur. Dengan kata lain, kita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
- Akses informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer kita.
- Internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas elearning yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual kita, seperti sekolah menulis online, dsb. Tentu saja dengan menjadi anggota pada kegiatan tersebut dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut.
- Kita dapat berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai berbagai hal jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.
- Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. Kita btinggal mengunduh atau mencetak informasi yang kita butuhkan.
Kelebihan komputer sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa.
- Meningkatkan motivasi siswa.
- Menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa.
- Mereduksi penggunaan waktu penyampaian materi.
- Membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan, memuaskan dan menguatkan siswa.
- Dapat mengakomodasikan banyak siswa dan menjalankan fungsinya dengan sedikit kesalahan.
- Komputer tidak akan lelah, benci, marah, dan lupa.
- Dapat menggunakan fasilitas penyimpanan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa.
- Materi dapat di desain lebih menarik.
- Dapat mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai komputer.
Kekurangan komputer Pada sisi lain, Komputer juga memiliki kekurangan, antara lain:
- Dikembangkan dalam dialog terbatas sehingga tidak dapat menjawab semua permasalahan siswa.
- Masih relatif mahal.
- Tidak dapat melihat teknik siswa dalam menjawab soal dan penguatan sudah tertentu.
- Pengembangan PBK memerlukan biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit.
- Pada kasus khusus, PBK hanya dapat dijalankan pada spesifikasi komputer tertentu.
- Kecepatan perkembangan teknologi komputer memerlukan upgrade yang terus-menerus.
- Penilaian tidak mempertimbangkan apakah siswa sedang lelah, mengantuk atau sakit.
- Pada umumnya hanya menilai hasil akhir, bukan proses belajar.
- Komputer tidak dapat meniru tingkah laku guru, misalnya senyuman, raut muka, gerakan tangan dan badan, serta tidak dapat menggantikan ikatan batin antara siswa dan guru.
BAB III
PENUTUP
- Kesimpulan
Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Perkembangan teknologi komputer saat ini telah membentuk suatu jaringan (network) yang dapat memberi kemungkinan bagi siswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar secara luas. Seperti halnya Internet memberi kemudahan modern dalam media pendidikan, karena memiliki layanan yang tepat untuk menunjang proses pendidikan. Walaupun masih terdapat hambatan-hambatan dan nilai negative dalam penggunaan internet. Komputer dan internet sebagai hasil teknologi modern sangat membuka kemungkinan-kemungkinan yang besar untuk menjadi alat pendidikan. Khususnya dalam pembelajaran, komputer yang dilengkapi internet dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, komputer dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Hal ini sangat memungkinkan, karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks, suara, warna, gambar, gerak, dan video, serta memuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif.
Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran merupakan hal yang penting. Internet dalam pembelajaran sangat penting karena ada pemanfaatan beberapa aplikasi internet yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran. Di samping itu adanya internet sebagai media pembelajaran dapat membantu membangun proses pembelajaran yang lebih menarik.
- Saran
Semoga pembahasan makalah ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan khususnya kita sebagai calon pendidik dalam memilih media pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kritik dan saran dari pembaca sangat diperlukan demi perbaikan makalah ini.
Daftar Pustaka
Azhar Arsyad.2011.Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hamzah. B. Uno dan Nina Lamatenggo.2010. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Prio, Edi Baskoro. 2008. Media Pembelajaran. Cirebon: Penerbit Swagati Press.
http://NikenLarasati9428.blogspot.com/sejarah internet diakses taggal 30/04/2015 jam 13.30 WIB
[2] http://NikenLarasati9428.blogspot.com/sejarah internet diakses taggal 30/04/2015 jam 13.30 WIB
[3] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011, h.171- 172.
[4] Drs. Edi Prio Baskoro, M.Pd, 2008, Media Pembelajaran, Cirebon : Penerbit Swagati Press, Hal 107-113
[5] Hamzah. B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran,2010, Jakarta: Bumi Aksara, h. 138

Komentar
Posting Komentar