Tekhnologi Informasi dan Komunikasi untuk Penilaian Pembelajaran
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Tugas makalah tentang
Tekhnogi Informasi dan Komunikasi untuk Penilaian Pembelajaran
Tugas ini di tulis sebagai salah satu syarat
untuk memenuhi tugas mata kuliah :
Pembelajaran berbasis teknologi
Dosen pengampu :
Moh.Hafidz,M.Pd,I
Oleh :
Nor kholifah
Semester : IV - PAI (madin)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS IBRAHIMY
SITUBONDO JAWA TIMUR
Tahun 2019-2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini . Penulis mengangkat makalah ini dengan judul “Teknologi Informasi untuk Penilaian Pembelajaran” guna memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah Teknologi Informasi .
Disini penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1. Bapak Moh Hafidz, M.Pd,I (sebagai dosen pembimbing)
2. Teman-teman yang telah memberikan dukungan baik moral maupun material, sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini.
Penulis mengharapkan kritik dan saran dari Dosen pembimbing dan teman-teman guna memperbaiki pembuatan makalah berikutnya dan semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua . Aamin
i
DAFTAR ISI
Kata Pengantar..................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................ ii
BAB. I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah.................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah............................................................................. 2
1.3 Tujuan Penulisan............................................................................... 2
BAB. II. PEMBAHASAN
2.1 Konsep TIK dalam Penilaian............................................................ 3
2.2 Manfaat Penggunaan TIK dalam Penilaian....................................... 4
BAB. III. PENUTUP
3.1 Kesimpulan........................................................................................ 11
Daftar Pustaka...................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB II Pasal 3 berbunyi “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab”. Untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah karena tantangan yang lebih besar dengan adanya arus globalisasi di segala bidang kehidupan. Globalisasi sebagai dampak dari revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengakibatkan perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan. Perubahan yang paling cepat dirasakan adalah perubahan ekonomi dan pengetahuan.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat digunakan dalam berbagai disiplin Ilmu, termasuk di dunia pendidikan. Perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan saat ini sudah tidak bisa ditawar lagi karena telah menyatu dengan perkembangan setiap aktivitas kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Demikian halnya guru sebagai tenaga profesional, harus mampu mengimbangi laju perubahan tersebut. Sikap yang harus direfleksikan oleh guru di antaranya melalui apresiasi, inovasi, dan kreasi untuk memanfaatkan TIK seperti yang dinyatakan dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan kompetensi Guru.
Berdasarkan hasil monitoring, supervisi, dan evaluasi keterlaksanaan RSKM/KTSP, ditemukan bahwa pemanfaatan TIK (baik hard ware maupunsoftware)oleh guru di satuan pendidikan masih amat terbatas. TIK lebih banyak dimanfaatkan terbatas pada fungsi administratif. Pemanfaatannya sebagai media atau alat bantu pembelajaran dan penilaian masih belum tereksplorasi secara mendalam, apalagi pemanfaatan berbagai fasilitas dan aplikasi yang ada. Salah satunya belum optimal pemanfaatan Microsoft Excel (Ms excel) aplikasi bagian dari Microsoft Office dalam penilaian.
Sebagai respon atas temuan tersebut, maka dalam upaya memenuhi kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dan membantu guru dalam memanfaatkan secara maksimal TIK (khususnya Ms excel) dalam penilaian, Direktorat Pembinaan SMA menyusun ”Petunjuk Teknis PemanfaatanTIK dalam Penilaian di SMA”.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana konsep TIK dalam penilaian ?
2. Apa manfaat penggunaan TIK dalam penilaian ?
1.3 Tujuan Penulisan
1. Agar mengetahui bagaimana konsep TIK dalam penilaian
2. Agar mengetahui manfaat penggunaan TIK dalam penilaian
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Konsep Penggunaan TIK dalam Penilaian
Penilaian adalah proses sistematis pengumpulan, pengolahan dan pengambilan keputusan atas data tentang suatu obyek untuk selanjutnya dipertimbangkan pemberian nilai atas obyek tersebut berdasarkan pada suatu kriteria tertentu.
Penilaian tidak bisa dilakukan tanpa adanya sejumlah data yang memadai tentang obyek yang akan dinilai. Melalui data yang lengkap inilah kita bisa mengamati dan mengenali obyek dengan baik, sehingga pada tahapan selanjutnya kita punya gambaran untuk memberikan pertimbangan nilai. Pemberian nilai itu sendiri, tidak dilakukan secara serampangan tanpa adanya kriteria yang jelas. Penentuan apakah suatu obyek itu baik atau tidak baik, lulus atau tidak lulus, merujuk pada suatu kriteria yang jelas. Dengan demikian, dari uraian di atas bisa kita pahami, setidaknya ada tiga komponen utama dalam penilaian yaitu adanya obyek yang akan dinilai, adanya pertimbangan dan adanya kriteria.
Dalam evaluasi pembelajaran, yang menjadi obyek penilaian adalah proses dan hasil belajar. Substansinya adalah sejauh mana proses pembelajaran dilakukan oleh guru dan siswa dan sejauh mana tujuan-tujuan pembelajaran belajar dicapai siswa. Dengan demikian dalam evaluasi pembelajaran, data yang harus dikumpulkan adalah data tentang aktivitas pembelajaran dan data tentang hasil belajar. Data proses pembelajaran lebih banyak berupa data kualitatif, sedangkan data hasil belajar lebih banyak data yang bersifat kuantitatif, berupa angka. Dalam pengolahan data kualitatif, biasanya lebih banyak dilakukan secara subyektif oleh guru, dengan bersandar pada ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan yang dimilikinya.
2.2 Manfaat Penggunaan TIK dalam Penilaian pembelajaran
Ada sejumlah sisi positif atau kelebihan yang dimiliki apabila dalam pengolahan data angka menggunakan alat bantu komputer, khususnya dengan menggunakan program Microsoft Excel, di antaranya yaitu:
- Pengolahan dan analisis data angka akan lebih cepat dan Akurat dibandingkan jika dilakukan secara manual; Selain itu, karena pengolahan data berbasis komputer ini dilakukan.
- Berupa data digital, maka penyebarluasan informasi hasil pengolahan datanya juga bisa dilakukan secara digital juga, di samping melalui print out dalam bentuk lembaran kertas;
- Penyebarluasan hasil-hasil penilaian bisa dilakukan secara online,sehingga bisa diakses setiap saat oleh yang membutuhkannya.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
* Penilaian adalah proses sistematis pengumpulan, pengolahan dan pengambilan keputusan atas data tentang suatu obyek untuk selanjutnya dipertimbangkan pemberian nilai atas obyek tersebut berdasarkan pada suatu kriteria tertentu.
* Akurat dibandingkan jika dilakukan secara manual; Selain itu, karena pengolahan data berbasis komputer ini dilakukan
Berupa data digital, maka penyebarluasan informasi hasil pengolahan datanya juga bisa dilakukan secara digital juga, di samping melalui print out dalam bentuk lembaran kertas;
Penyebarluasan hasil-hasil penilaian bisa dilakukan secara online,sehingga bisa diakses setiap saat oleh yang membutuhkannya.
* Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi yang ada pada Microsoft Office, yaitu program aplikasi untuk kepentingan perkantoran. Program lainnya yang ada pada program aplikasi MS Office selain excel adalah PowerPoint, Access, dan Photo Editor.Microsoft Excel adalah suatu program aplikasi berupa kolom dan lajur elektronik yang ditujukan untuk mengolah dokumen yang berupa angka, di mana data angka tersebut dapat diolah dengan logika operasi matematika dan statistika.
DAFTAR PUSTAKA
v Azhar Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
v Desi Susilawati 2009. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Matematika Siswa Kelas X SMA N 1 Gamping Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, UNY.
v Depdikanas.2008.Penulisan Modul.diambil pada tanggal 18 November 2010 dari http://lpmpjogja.diknas.go.id/materi/fsp/2009-pembekalan-pengawas/26--kode--05-A2-B penulisan Modul.pdf
v Mulyasa,E.2006.Implementasi Kurikulum 2004 Panduan PembelajaranKBK.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
v Nana Sudjana dan Ahmad Rivai.2009. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
v Sugihartono.et al.2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:UNY Perss
v Sugiyono.2007.Statistika Untuk Penelitian.Bandung:Alfabeta
v Suharsimi Arikunto.2010.Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas.Yogyakarta:Aditya Media
v Sutomo.1985.Teknik Penilaian Pendidikan. Surabaya:PT.Bina Ilmu Offset
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya

Komentar
Posting Komentar